3 Alasan Mengapa Mobil Jadul Lebih Awet

Salam sejahtera guys...

     3 Alasan Mengapa Mobil Jadul Lebih Awet - Pernah gak sih kalian merasa atau sempet mikir kok masih banyak mobil - mobil yang terbilang tua masih bisa jalan atau bahkan masih bisa berlenggang keluar kota tanpa ada masalah? walaupun umur mobilnnya udah diatas 20 tahun? Atau mungkin ada yang pernah melihat di pinggir jalan raya ataupun jalan tol saat sedang keluar kota ada mobil - mobil yang notabene keluaran baru berhenti di pinggir jalan dan kap mesinnya terbuka?

     Mungkin dari beberapa kejadian tersebut timbul pertanyaan kok mobil - mobil jadul bisa awet sampai sekarang? Pada saat ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut pada artikel saya kali ini yang berjudul 3 Alasan Mengapa Mobil Jadul Lebih Awet langsung saja kita lihat :

  1. Material yang lebih baik : Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar istilah bodi kaleng, saat mengecek bodi mobil. Ini adalah salah satu istilah untuk bodi mobil yang masih berisi lapisan besi asli yang belum terlapisi oleh dempul. Namun walaupun pada mobil produksi lama banyak menggunakan dempul untuk menghaluskan sambungan, namun dalam pengamatan pribadi saya untuk kualitas bodi mobil keluaran sekarang masih kalah dengan mobil - mobil jadul. Itu untuk masalah bodi, sekarang kita lihat pada bagian mesin kata montir di bengkel, untuk mobil - mobil jadul material baja yang digunakan pada mesin lebih kuat dan lebih tebal daripada baja di mesin - mesin sekarang. Memang dari segi teknologi dan performa memang lebih unggul, namun untuk kualitas dari mesin masih kalah buktinya lebih sedikit mobil jadul yang rewel saat di jalan daripada mobil - mobil baru walaupun mobil jadul hanya memakai air mineral sebagai cairan untuk radiator.
  2. Perkembangan teknologi belum pesat : Mungkin ini salah satu alasan yang membuat produsen mobil berusaha untuk membuat sebuah kendaraan atau mobil yang bisa berumur panjang untuk menjaga pasar tetap tinggi dan ternyata hasilnya pun berbanding lurus seiring berjalannya waktu terbukti sampai sekarang masih banyak mobil yang masih berjaya dan tidak ada masalah yang berarti baik itu pada bodi, mesin ataupun chasis dan lain sebagainya. Karena perkembangan teknologi yang belum terlalu pesat, maka dalam pengembangan produk, produsen berkonsentrasi pada ketahanan mesin, bodi, chasis, dll. Jika dibandingkan dengan sekarang, rata - rata mobil yang diproduksi tidak didesain untuk jangka waktu yang panjang. Kenapa saya bilang demikian? karena di tahun - tahun sekarang perkembangan teknologi sangatlah pesat jadi sedikit - sedikit keluar teknologi baru. Hal ini mengakibatkan produsen harus memproduksi mobil secara cepat agar tidak didahului oleh produsen lain dalam penggunaan teknologi yang baru. Hal ini berimbas pada kualitas mobil hasil produksi yang menurun kualitasnya.
  3. Program KB belum terlalu efektif : Mungkin terdengar aneh, namun saya coba menerka - nerka dan mencoba menghubungkan antara program KB dengan kualitas mobil jadul. Sebelum tahun 2000-an program KB masih belum efektif sehingga pertambahan penduduk masih besar. Hal ini adalah suatu sinyal bagi produsen mobil untuk membuat mobil atau kendaraan yang bisa kuat, kokoh dan bertenaga untuk mengengkut banyak orang karena jumlah anggota keluarga yang banyak, apalagi kalau lagi musim mudik dan semua keluarga besar berkumpul.
     Demikian uraian dan penilaian saya tentang 3 Alasan Mengapa Mobil Jadul Lebih Awet mungkin ada yang tidak setuju dengan penilaian saya ini. Namun setiap orang memiliki penilaian sendiri - sendiri, kalau mau menambahkan bisa comment di bawah...hehehe..... Anggaplah tulisan ini sebagai sekilas info yang mudah - mudahan bisa bermanfaat. Mohon maaf apabila ada banyak kesalahan pada tulisan ini.
Terima kasih...
GBU

Comments

  1. Tapi kalau udah rusak, cari sparepartnya susah gann -_-

    ReplyDelete
  2. iya gan...agak susah carinnya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts