Cara Menghemat BBM Mobil

Salam sejahtera guys...

     Cara Menghemat BBM Mobil - Pasti kalian pernah terbesit kenapa kendaraan yang kita kendarai kenapa terasa boros, apalagi mobil. Nah hal inilah yang mungkin membuat orang kadang - kadang malas untuk menggunakan mobil pribadi untuk bepergian apalagi sendiri (Sebenarnya malah bagus sih...hehehehe). Nah oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips cara menghemat BBM mobil. Langsung aja saya kasih nih...
Cara Menghemat BBM Mobil
  1. Servis / Tune-Up Mobil : Kondisi mesin sangat mempengaruhi konsumsi BBM kenapa? Karena jika kondisi mesin mobil tidak prima, maka pembakaran tidak berlangsung sempurna, tenaga mobil terasa kurang sehingga kita pasti akan menginjak gas lebih dalam, dan itu yang membuat mobil menjadi boros.
  2. Ganti Oli Tepat Waktu : Sebaiknya melakukan penggantian oli secara periodik, untuk menjaga kerja mesin tetap baik. Saran saya ganti oli setiap 3000km.
  3. Tidak Memakai AC : Ini bisa dibilang berpengaruh walaupun kecil. Namun cara ini bisa dilakukan (opsional), karena jika kita memakai AC maka akan membuat kerja mesin sedikit agak berat, apalagi bagi mobil yang masih memakai Carburator. 
  4. Memakai BBM yang cocok : Ini bisa dibilang memiliki pengaruh yang cukup besar. Saya sempat membaca artikel tentang kenapa kijang innova boros jika menggunakan premium, dari situ saya tahu bahwa jika mobil yang seharusnya memakai pertamax namun memakai premium maka akan berakibat boros BBM.
  5. Menjaga Kecepatan dan Putaran Mesin : Anda pasti pernah berfikir kenapa kalau perjalanan luar kota mobil minum lebih sedikit daripada di dalam kota? Itu terjadi karena saat perjalanan luar kota putaran mesin bisa dibilang stabil sehingga aliran BBM juga stabil. Jika didalam kota putaran mesin cenderung tidak stabil sehingga aliran BBM pun naik turun.
  6. Cek Tekanan Angin Ban : Jika ban kekurangan angin, maka akan berpengaruh pada laju mobil yaitu mobil akan terasa berat. Hal itu membuat mobil harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melaju sehingga BBM pun lebih boros.
  7. Kecilkan Spuyer : Ini hanya bisa dilakukan pada mobil yang masih memakai Carburator. Jika spuyer dikecilkan maka mobil akan irit, namun tenaga mobil juga akan berkurang.
  8. Pasang Alat Penghemat BBM : Ini opsional sih sebenarnya, cuma hati - hati aja dalam memilih alat penghemat BBM nya.
  9. Ganti Knalpot Jika Bocor : Kebocoran knalpot sangat berpengaruh pada konsumsi BBM karena membuat gas buang menjadi lebih lancar dari standar.
  10. Bersihkan Saringan Udara : Jika saringan udara kotor maka aliran udara ke mesin tidak lancar.
  11. Jangan Kelebihan Muatan : Semakin berat mobil, semakin besar tenaga yang dibutuhkan oleh mobil maka butuh BBM lebih banyak. 
  12. Jangan Sering Memainkan Gas : Jika sering memainkan gas (Mblayer), maka BBM yang keluar akan banyak dan terbuang sia - sia.
     Nah sekian tips yang dapat saya bagikan tentang Cara Menghemat BBM Mobil. Mudah - mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini.
Terima kasih....
GBU

Comments

Popular Posts