Penyebab Mobil Nyendat - Nyendat

Salam sejahtera guys.....

     Penyebab Mobil Nyendat - Nyendat - Pernah ga mobil kalian terasa menyendat - nyendat pada saat jalan dengan kecepatan standar ataupun saat mau dipacu kenceng?, pastinya ada yang pernah mengalami hal itu. Nah, kenapa hal itu bisa terjadi? penyebabnya ada beberapa hal dan kita harus mengeceknya secara teliti dan satu persatu. Nah apa saja yang mampu menyebabkankan mobil menyendat - nyendat? kita langsung liat aja.....

  1. Cek Busi : Kenapa perlu mengecek busi? karena busi sangat berpengaruh pada proses pembakaran pada mobil. Kondisi busi sangat berpengaruh dalam hal ini karena busi berguna sebagai pemantik agar mesin dapat menyala dan berjalan dengan baik. Sebaiknya cek dulu busi apakah busi masih bagus atau sudah perlu diganti. Jika ada salah satu dari 4 busi yang sudah tidak normal (coba lihat di ujung yang memiliki drat) maka sebaiknya diganti. *Saran : sebaiknya kalau mengganti busi langsung semua busi, untuk menjaga pengapian tetap normal. 
  2. Cek Settingan Udara dan Stasioner : Hal ini kadang juga perlu dilakukan, karena settingan udara dan stasioner juga berpengaruh pada proses kerja mesin. Jika settingan angin yang harus masuk ke mesin kurang, maka juga akan menyebabkan mesin mobil bisa nyendat dan sama juga jika udara yang masuk ke mesin terlalu besar.
  3. Cek Kebersihan Karburator : Mobil yang masih menggunakan karburator bisa nyendat - nyendat juga dapat disebabkan karena kondisi karburator yang kotor. Sebaiknya cek karburator dengan cara melepasnya, dan bersihkan dengan menggunakan Carb Spray dan kompressor.
  4. Cek Spuyer : Spuyer bisa juga berpengaruh pada pembakaran mesin, karena spuyer bertugas mengatur seberapa banyak bbm yang akan mengalir ke mesin. Jika lubang spuyer terlalu besar maka bbm yang masuk terlalu banyak, sehingga saat tiba - tiba gas diinjak penuh, kemungkinan akan menyendat begitu pula jika lubang spuyer terlalu kecil.
  5. Cek Packing Karburator : Ini yang saya alami, pada saat kijang super saya nyendat - nyendat. Masalah ini ditemukan setelah semua komponen diatas sudah dicek dan masih nyendat - nyendat juga. Ciri - cirinya waktu itu, saat mobil diam dan dalam keadaan nyala dicoba digas - gas kondisi normal dan stasioner pun bagus. Namun setelah dibawa jalan, nyendat lagi. Ternyata masalahnya di Packing Karburatornya boss..."Bocor". Maksudnya bocor adalah packing sudah tidak kedap udara sehingga ada angin yang masuk ke karburator lewat celah dari packing tersebut, jadinya nyendat deh....Solusinya ya ganti packingnya.
  6. Cek Program Computernya (ECU) : Ini bisa dilakukan pada mobil yang sudah menggunakan Computer System di mobilnya. Biasanya di mobil yang sudah memakai EFI (Engine Fuel Injection), karena semua kerja mesin pada mobil - mobil sekarang sudah diatur oleh computer. Cek program apakah perlu disetting ulang atau tidak, namun hal ini hanya bisa dilakukan di bengkel yang memiliki alat khusus seperti bengkel resmi.
  7. Cek Injectornya : Hal ini bisa dilakukan untuk mobil yang sudah memakai teknologi Engine Fuel Injection.
     Nah sekian yang dapat saya bagikan tentang Penyebab Mobil Nyendat - Nyendat berdasarkan apa yang saya pernah alami. Mudah - mudahan dapat menjadi referensi bagi yang lain, dan semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini.
Terima kasih....
GBU

Comments

Popular Posts