Cara Menginstall Windows

Salam sejahtera guys....

     Cara Menginstall Windows - Pada kesempatan hari ini saya akan memberikan tips tentang cara menginstall Windows. Nah kenapa saya menuliskan artikel ini karena saya masih menjumpai beberapa orang yang masih kesulitan untuk menginstall Windows, sehingga jika mau menginstall ulang harus membawanya ke tukang servis komputer. Padahal sebenarnya kita bisa lakukan sendiri jika kita memiliki file masteran Windows.

     Menginstall Windows pun bisa dilakukan dengan menggunakan CD ataupun Flashdisk. Untuk menginstall menggunakan flashdisk maka kita harus membuat Bootable USB. Caranya ada disini Membuat Bootable USB Drive. Nah langsung aja saya kasih tentang cara menginstall windows....check this out...
Cara Menginstall Windows
  1. Pertama - tama saat logo computer tampil tekan f2 untuk laptop atau del untuk komputer PC.
  2. Masuk ke tab boot atau kalau tidak ada masuk ke advanced bios.
  3. Ubah setingan boot dari HDD ke flashdisk atau ke CDROM, lalu tekan f10 dan komputer akan merestart.
  4. Setelah kita memulai proses instalasi, maka kita akan melihat tampilan starting Windows.
    Cara Menginstall Windows
  5. Setelah tampilan animasi Starting Windows berakhir maka akan muncul tampilan seperti ini. Lakukan instalasi dengan memilih bahasa, format waktu, format keyboard sesuai yang diinginkan dan pastikan menggunakan bahasa yang benar - benar anda mengerti sehingga dalam pengisnstallan tidak ada kesalahan. Setlah melakukan hal - hal tersebut, lanjutkan ke lagkah berikutnya dengan klik tombol next.
    Cara Menginstall Windows
  6. Setelah klik next, maka akan muncul tapilan ini dan akan ada tulisan "Install Now". Klik ikon tersebut untuk memulai melakukan instalasi Windows. (Sebagai contoh kita akan menginstall Windows 7).
    Cara Menginstall Windows
  7. Tampilan ini menunjukkan bahwa proses pengaturan proses instalasi Wondows sedang berjalan. Tunggu proses ini hingga selesai.
    Cara Menginstall Windows
  8. Setelah menunggu proses setup sampai selesai, akan muncul tampilan yang berisi tentang ketentuan lisensi. Jika sudah membaca atau sudah paham selanjutnya klik pada kotak kecil di sebelah tulisan "I accept the license terms" hingga muncul tanda centang . Setelah itu klik ikon next. (Lisensi boleh dibaca boleh tidak).
    Cara Menginstall Windows
  9. Setelah klik next, maka akan muncul tampilan opsi atau pilihan instalasi. Ada 2 tipe instalasi yaitu Upgrade dan Custom. Gunakan tipe instalasi upgrade jika anda akan meng-upgrade windows, contoh : menginstall Windows 7 pada laptop atau PC yang masih menggunakan Windows versi sebelumnya seperti Windows Vista atau Windows XP namun bisa juga menginstall pada versi Windows yang sama. Pada tipe upgrade ini segala aplikasi yag sudah kita install pada laptop akan tetap aman. Namun tetap disarankan untuk melakukan back-up data dan settingan juga aplikasi agar tetap aman jika dalam penginstalan terjadi masalah. Tipe Custom adalah tipe instalasi yang akan me-restart settingan komputer anda seperti awal sehingga aplikasi yang anda install akan hilang. Maka diwajibkan untuk melakukan back-up sebelum melakukan instalasi.
    Cara Menginstall Windows
  10. Pada langkah ini anda diminta untuk melakukan Disk Partition atau membagi suatu drive menjadi beberapa bagian. Klik new, lalu masukkan besar partisi yang akan kita buat. Setelah itu klik apply.
    Cara Menginstall Windows
  11. Setelah muncul tampilan seperti ini, klik pada partisi kedua lalu tekan atau klik next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
    Cara Menginstall Windows
  12. Setelah kita klik next maka akan muncul tampilan proses instalasi Windows. Tunggu sampai proses selesai. Proses ini memakan waktu yang cukup lama. Setelah proses selesai maka setup akan secara otomatis akan me-restart komputer atau laptop anda, dan kembali booting seperti semula. Pada saat itu juga Windows akan melakukan update seperti registry, dsb. Setelah itu Windows akan melanjutkan kembali instalasi setelah melakukan persiapan instalasi dan akan muncul tampilan seperti ini.
    Cara Menginstall Windows
  13. Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan dimana kita harus melakukan set up Windows yang baru saja kita install dimulai dengan memasukkan username dan memasukkan nama komputer. Setelah itu klik next untuk melanjutkan ke langkah set up selanjutnya.
    Cara Menginstall Windows
  14. Pada langkah ini kita diminta untuk memasukkan product key atau semacam serial number. Namun kita tetap dapat menggunakan Windows tanpa mengisi Product Key tersebut. Namun jika anda menggunakan Windows yang asli maka lebih baik anda mengisikan Product Key yang anda dapat dari membeli Windows yang asli.
    Cara Menginstall Windows
  15. Pada set up ini anda diminta untuk memilih salah satu dari 3 pilihan Proteksi yang disediakan oleh Windows. Namun disarankan untuk memilih "Use Recommended Settings".
    Cara Menginstall Windows
  16. Pada langkah ini kita perlu mengatur tanggal dan Zona waktu sekarang sesuai dengan lokasi dimana kita tinggal. Pada langkah ini kita perlu mengatur tanggal dan Zona waktu sekarang sesuai dengan lokasi dimana kita tinggal.
    Cara Menginstall Windows
  17. Jika Laptop atau PC yang kita gunakan sudah terkoneksi dengan suatu jaringan maka kita dapat memilih mode jaringan yang kita gunakan dari salah satu mode jaringan yang ada apakah Home network, Work network, atau Public Network.
    Cara Menginstall Windows
  18. Gambar ini menunjukan penginstalan windows berjalan dengan baik.
    Cara Menginstall Windows
  19. Kita sudah dapat memasuki tampilan utama desktop dari Windows.
    Cara Menginstall Windows
    Nah demikian share saya kali ini tentang Cara Menginstall Windows. Semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan menambah pengetahuan kita. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini.
Terima kasih....
GBU



Comments

Popular Posts