Fungsi Layer Model TCP/IP

Salam sejahtera guys....

     Fungsi Layer Model TCP/IP - Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang fungsi layer model OSI, saat ini kita akan membahas tentang fungsi layer model TCP/IP. Nah mungkin ada yang bertanya apa sih bedanya model OSI dengan model TCP/IP? Sebenarnya perbedaan antara model OSI dengan TCP/IP adalah model TCP/IP hanya meringkas 7 layer OSI menjadi hanya 4 layer.

     TCP/IP ini pada awalnya dibuat oleh DoD (Department of Defence) dan digunakan untuk memastikan dan menjaga integritas data dalam perang, namun pada akhirnya model TCP/IP ini digunakan secara komersil.
Fungsi Layer Model TCP/IP
     Sekarang kita bahas tiap layer pada model TCP/IP ini....check this out..
  1. Application Layer (Layer 4) : Layer Application ini adalah ringkasan dari 3 layer teratas OSI yaitu layer Application, Presentation, dan Session. Jadi protokol yang ada pada layer ini akan melakukan tugas yang memiliki fokus yang sama dengan layer Application, Presentation, Session yang intinya mendefinisikan protokol untuk komunikasi aplikasi node to node dan mengontrol spesifikasi user-interface.
  2. Layer Transport (Layer 3) : Layer Transport pada model TCP/IP memiliki fungsi yang sama dengan layer Transport pada model OSI. Layer ini menangani masalah seperti menciptakan komunikasi end to end yang andal dan memastikan data bebas dari kesalahan saat pengiriman. Layer ini juga menangani paket yang berurutan dan menjaga integritas data.
  3. Layer Internet (Layer 2) : Layer Internet pada model TCP/IP memiliki fungsi yang sama dengan layer Network pada model OSI. Layer ini berfungsi untuk mengalokasikan protokol yang berhubungan dengan transmisi logis sebuah paket ke seluruh network. Layer ini menjaga pengalamatan host dengan memberikan alamat IP dan menangani routing dari paket yang melalui beberapa network.
  4. Layer Network Interface (Layer 1) : Layer Network Interface memiliki fungsi yang mirip dengan layer Data Link dan Physical pada model OSI,yaitu memonitor pertukaran data antara host dengan jaringan. Network Interface juga bertugas mengawasi pengalamatan secara hardware dan mendefinisikan protokol untuk transmisi fisik data.
     Sekian tulisan saya tentang Fungsi Layer Model TCP/IP semoga sedikit ilmu yang saya bagikan dapat menambah pengetahuan kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.
Terima kasih....
GBU

Comments

Popular Posts